Member

Search

Memuat...

Google+ Followers

Iklan

promo mobil murah
Diberdayakan oleh Blogger.
Kamis, 24 Oktober 2013


Belakangan ini, tren unlock prosesor AMD memang semakin menjamur. Permintaan prosesor unlock pun semakin banyak. Akan tetapi, prosesor unlock sangat sulit untuk mendapatkannya dan bisa dikatakan sebagai undian berhadiah. Seperti membeli kucing dalam karung, kita tidak akan pernah tau apakah prosesor yg kita beli bisa di unlock apa tidak. Kapan lagi bisa mendapatkan processor dual core dengan harga single core, ataupun quad core seharga dual core :D.
Sebagai contoh:
Sempron 140 seharga $40 setelah di unlock akan setara dengan Athlon II X2 240 seharga $56 dengan clock yg sedikit lebih rendah.
Phenom II X2 555 seharga $110 setelah di unlock akan setara dengan Phenom II X4 955 seharga $160.
Athlon X2 5000 seharga $60 dapat diunlock menjadi Phenom X4 dan mendapat bonus L3 cache 6MB.

Jika beruntung, Anda akan mendapatkan prosesor yang dapat di-unlock secara stabil. Jika tidak, Anda akan mendapatkan prosesor dapat di-unlock, tetapi tidak stabil saat bekerja. Bisa juga anda akan mendapati prosesor yang tidak dapat di-unlock sama sekali. Walaupun sebenarnya di pasaran banyak beredar prosesor unlock yang sudah terjamin kestabilannya. Tetapi dengan harga yang sedikit lebih mahal tentunya, karena telah di test kestabilannya.
Proces unlock tersebut sebenarnya tidak membutuhkan keahlian khusus. Baiklah.... akan saya jelaskan apa saja yg dibutuhkan untuk mengunlock sebuah prosesor AMD, yaitu sebuah motherboard dengan southbridge SB710 / SB750 / SB850 dan fitur ACC / NCC supported.
Beberapa merk motherboard yg memiliki fitur acc support adalah ASUS,ASROCK, Biostar, DFI, Gigabyte dan MSI. walaupun tidak semua type motherboard tersebut diatas yang memiliki fitur ACC / NCC di biosnya.


SS sebelum di unlock:



















































Proses Unlocking
Dalam hal unlocking core, proses tersebut sebenarnya sangat sederhana. Yaitu:
1. Masuk ke BIOS.
2. Set Advanced Clock Calibration (ACC) atau Nvidia Calibration Core (NCC) pada AUTO.


















Bagi pemilik Asus dan Gigabyte: Aktifkan "Unleashing" atau mengubah "EC Firmware" ke mode "Hybrid"
3. Save & Reboot PC.
Jika berhasil, prosesor Anda harus memiliki sebutan baru saat booting.















Selamat, karena Anda berhasil mengunlock processor Anda.
Untuk melihat apakah jumlah core processor anda bertambah... dapat dilihat melalui Task Manager pada bagian performance ataupun menggunakan software2 tertentu seperti CPUZ, Everest dll.




















UJI STABILITAS
Setelah Anda berada di Windows, atau OS lain yang Anda gunakan, Anda harus mulai menguji stabilitas bagi unlocked prosesor Anda. Saya sangat menyarankan penggunaan Prime95 selama 12 jam untuk memastikan stabilitas processor tersebut. Anda juga dapat menggunakan software cinebench untuk pengetesan secara cepat.
Tetapi perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya dari pihak AMD sangat tidak merekomendasikan Anda untuk mengunlock processor.
Semoga ulasan sederhana ini dapat membantu anda. Selamat berburu Procesor Unlock.... :D

Silahkan Gunakan Facebook Comment, Jika Anda Tidak Memiliki Url Blog!

Like Facebook ya! Follow Twitter mu by Invader's , Ingin ingin menerima posting terbarunya? TWITTER?
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Total Tayangan Laman

Translate