Member

Search

Memuat...

Google+ Followers

Iklan

promo mobil murah
Diberdayakan oleh Blogger.
Kamis, 24 Oktober 2013


Salah satu faktor kenyamanan kita dalam bermain game ps2 adalah stik yang bagus dan enak dipakai,tapi bagaimana klo stik tersebut sering rusak dan kita ga bisa memperbaiki sendiri.yah terpaksa kita harus ngeluarin duit buat benerin stik dibengkel"bukan bengkel motor y,maksudnya tempat service"
Untuk itu buat temen2 yang punya ps atau yang punya usaha rental playstation sudah seharusnya bisa untuk memperbaki stik controller yang rusak sendiri,minimal untuk kerusakan kerusakan ringan.
untuk mengetes fungsi stik normal atau tidaknya kita bisaa menggunakan ps one,mainkan cd game teken3.trus pilih controller pada menu gamenya.disitu akan muncul gambar stik,dimana bila kita tekan tombol pada stik controllernya ,maka tombol pada gambar akan menyala.misal kita tekan tombol R1,maka R1 yang akan menyala,demikian juga dengan tombol lainnya
Untuk mengetes getarnya kita pilih vibration.
Dengan demikian bisa diketahui bagian mana stik yang tidak berfungsi,umpamanya kita menekan tombol R1,ternyata ga menyala berarti tombol R1 yang ga berfungsi.
Cara lain, dapat menggunakan game Winning Eleven, meski kemampuan game ini untuk mendeteksi kerusakan tidak bisa 100%. Namun sebagai deteksi awal sudah mencukupi. Pilih game WE pada posisi 2 player sedang memilih club. Untuk deteksi kerusakan, terutama tombol analog, akan lebih akurat bila stick dicoba main game GTA San Andreas. Bila pada analog kiri ada kerusakan maka respon yang mungkin muncul adalah CJ bergerak sendiri, tidak mau bergerak ke arah sesuai arah analog, dan mau bergerak tapi tersendat-sendat (tidak normal). Bila analog kanan yang rusak maka respon yang mungkin muncul pandangan kamera terus ke arah tertentu, pandangan kamera tidak mau berubah sesuai arah analog.

 Berikut cara-cara menganalisa kerusakan stik, berikut solusinya;
Tidak ada satupun tombol yang respon
Pertama, periksa kabel stik (ada 8 kabel) dengan AVO meter, pakai digital lebih baik. AVO meter pada posisi ohm meter, kondisi normal harus menunjukkan angka mendekati 0 ohm, maksimal 5 ohm. Bila ada kabel yang menunjukkan nilai ohm besar berarti kabel tersebut putus,bila tidak punya AVO meter,kalian bisa membuat alat tes kabel stick sendiri,silahkan baca disini. Coba potong pada ujung kabel kira-kira 10 cm, lalu periksa lagi kabel yang putus tadi. Bila sudah dipastikan kabel tidak ada yang putus maka sambung kabel ke pcb.
 
Jangan lupa urutan pemasangannya jangan sampai keliru. Bila kabel tetap putus, tidak ada pilihan harus ganti kabel baru. Bila dari pemeriksaan tidak ada kabel yang putus, coba ganti kabel dengan yang baru (pastikan tidak ada yang putus). Dan bila tetap tidak menyelesaikan masalah maka berarti ada kerusakan ic pada pcb stick. Bila ini terjadi maka stick sudah tidak bisa diperbaiki lagi. Namun kita masih dapat memanfaatkan komponen lain yang masih bagus, misalnya kebelnya, karet, analog, dan wadah stick-nya sendiri.




Arah bergerak sendiri (lari)
Ini disebabkan analog ada yang rusak, yaitu pada analog sebelah kiri. Dengan AVO pada posisi 20 kilo ohm (AVO digital), ukur kaki elektroda resistor analog yang tengah dengan kaki elektroda yang pinggir (kiri dan kanan). Normalnya menunjukkan angka 2,5 - 4 kilo ohm, diukur saat analog masih terpasang pada pcbnya . Bila dibawah 2 kilo ohm atau melebihi 6 kilo ohm maka resistor tadi sudah tidak normal. Resistor yang terukur melebihi 6 kilo ohm, langkah pertama kita semprot dengan contact cleaner lalu tombol analog kita gerak-gerakan. Coba ukur lagi apa sudah normal. Bila mekaniknya analog masih layak pakai, maka kita dapat hanya mengganti resistor saja. Cari analog yang bekas, ukur dulu resistornya apa masih normal. Kaki tengah dengan pinggirnya nilainya sekitar 5 kilo ohm (bila diukur terlepas dari rangkaian pcb). Selanjutnya kita ganti resistor yang rusak dengan yang normal tadi. Bila kondisi semua resistor dari analog masih normal, tapi tombol arah masih tetap lari sendiri, maka periksa kabel yang menghubungkan pcb utama dengan pcb tempat analog (pada stik TW atau biasa, pcbnya dari kayu). Apakah ada kabel yang putus, bila ada dapat disambung dengan sistim jumper memakai kabel. Karena kabel selendang susah dicari, dan dari 8 kabel mungkin hanya 1 saja yang putus. Kondisi kabel bagus (tidak ada yang putus), periksa sambungan pada pcb apakah ada yang putus.



Arah bergerak sendiri ini bila kerusakan ada pada analog sebelah kiri. Bila yang rusak analog sebelah kanan, maka indikatornya dapat dilihat saat bermain game:
>> Pada game WE, kadang-kadang pemain nendang bola sendiri.
>> Pada game GTA, arah camera bergerak sendiri, atau arah kamera hanya menuju arah tertentu saja.
>> Pada game smackdown pain, pemain gaya-gaya sendiri.

Tombol tidak respon dengan baik atau tidak respon sama sekali
Maksudnya adalah tekanan pada tombol harus keras supaya respon. Periksa apakah karet ada yang rusak/jebol. Bila sudah jebol, ganti dengan baru. Bila belum jebol, dan fisiknya cukup baik, bersihkan carbon pada karet (yang berwarna hitam) dengan cotton bud yang disemprot contact cleaner. Juga bersihkan pcbnya. Bila carbon pada pcb ada yang rusak, olesi lagi dengan carbon cair. Pada stick ori (yang pcbnya terbuat plastik), kerusakan ini bisa disebabkan jalur pada pcb ada yang putus. Tandanya dapat dilihat jalur berwarna agak hitam atau karbon pada pcb sudak koyak/terkelupas.


Semoga petunjuk ini bermanfaat bagi kalian.

Silahkan Gunakan Facebook Comment, Jika Anda Tidak Memiliki Url Blog!

Like Facebook ya! Follow Twitter mu by Invader's , Ingin ingin menerima posting terbarunya? TWITTER?
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Total Tayangan Laman

Translate